tidur

kalamulama.com– Terlalu Banyak Tidur Sebabkan Umur Sempit dan Merugi.

Tidur jangan sampai lebih dr 8 jam.. Habib Umar bin Hafidz menyampaikan bahwa 8 jam berarti sepertiga hari artinya setiap kau hidup selama 3 tahun, maka setahun telah berlalu dalam tidur. Tersisa dua tahun umurmu dalam sehari 8 jam . Dalam sehari 24 jam artinya tiap 3 tahun, setahunnya habis dipakai tidur. Setahun penuh untuk tidur, tinggal tersisa 2 tahun bagimu. Dalam 2 tahun itu belum terhitung berapa lama makan, minum, berbincang , lalai dalam dunia, berapa sisa waktu yang dgunakan untuk persiapan akhirat? Inilah orang yang tidur sehari 8 jam. Jika umurmu 60 tahun berarti 20 tahun terhabiskan tidur. Tersisa 40 tahun, masa kanak-kanak 15 tahun, tersisa bagi kita dari 40 menjadi 25 tahun. Dan dari 25 tahun itu belum terhitung berapa waktu untuk makan, minum, berbincang, lalai dengan dunia, lalu berapa jam untuk persiapan akhirat? Allah akan memberikan keuntungan dari tidurmu yang terjaga, dan memberikan kerugian terhadap tidur yang tidak terjaga. Salah satu kerugian yang didapat dari seringnya tidur dan waktu-waktu yang dilarang untuk tidur adalah mempersempit umur dan kerugian lain yang orang lain dapatkan tetapi kita tidak dapatkan. Maka jagalah adab dalam tidurmu.
Dalam sebuah keterangan dijelaskan bahwa ada beberapa waktu yang perlu diperhatikan dalam memperhitungkan untuk tidur, yakni:

النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد المغريب يورث الفتنة

1. ‘ailulah yaitu tidur setelah fajar, bisa mewariskan lupa.
2. ghoilulah yaitu tidur di waktu dhuha, bisa mewariskan faqir
3. qoilulah yaitu tidur di waktu istiwa’, bisa mewariskan kaya
4. kailulah yaitu tidur setelah ‘ashar, bisa mewariskan gila
5. failulah yaitu tidur setelah maghrib, bisa mewariskan fitnah

Oleh ustadzah Neng Widiaturrahmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here