Orang yang tasawuf, adalah orang-orang yang muhsin..

Ihsan = isinya rukun islam, dan yang ta’alluq denganya. Inilah tataran fikih, orangnya disebut muslim. Masih banyak yang STMJ. Kebanyakan dari kita ada di level ini. Ini adalah kelas ibtida, zona syariat, masih fahkum bi dzowahir. Ini kelas ekonomi. Untuk menjadi muslim, biayanya cukup terjangkau, dan fasilitas dari Allah pun standar.

Iman = isinya rukun imam dan yang ta’alluq dengannya. Inilah tataran tauhid. Pada level ini, keislaman sudah meresap ke dalam kalbu, dan menjadi warna sejuk, teduh, sebagian muslim telah mencapai derajat mu’min. Inilah zona thoriqot dan hakikat, kelas muttaqin. Ini kelas bisnis, kelas menengah. Untuk menjadi mu’min, dibutuhkan biaya yang lumayan banyak. Dan fasilitas yang diberikan Allah pun sudah mantap : premium.

Islam = isinya adalah rukun ihsan dan yang ta’alluq dengannya. Inilah tataran tasawuf. Pada level ini, tidak ada rasa takut, tidak ada rasa sedih dengan permainan dunia. Inilah zona makrifat. Inilah kelas eksekutif : kelas mukhlisin. Untuk menjadi mukhlisin, dibutuhkan biaya yang sangat mahal. Hanya sedikit yang mencapai derajat ini. Dan fasilitas yang diberikan Allah pun sangat mewah, superior.

Biayanya adalah ilmu dan amal.

Di kelas manakah kita berada?