Jumlah shalawat

kalamulama.com– shalawat dengan jumlah tertentu yang tidak ma’tsur. Tidak ada persoalan dengan kebolehan hal tersebut. Kita bisa melihat contoh-contoh insiatif sahabat dalam bacaan dan jumlahnya dan tidak dipersalahkan oleh Baginda Nabi Muhammad saw. Di antara riwayatnya adalah :

  1. Dari sahabat ‘Ikrimah ra

    shalawat

    “Dari Ikrimah, bahwa Abu Hurairah berkata, “Sungguh saya meminta ampunan kepada Allah (istighfar) dan bertaubat setiap hari sebanyak 12.000 kali, hal ini sesuai dengan tebusan dosa saya.

    shalawat

    Abdullah bin Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Hurairah memiliki benang yang terdiri dari 12.000 ikatan yang ia gunakan sebelum tidur. Dalam riwayat lain sebanyak 2000 ikatan, Abu Hurairah tidak tidur hingga bertasbih dengannya.

  2. Dari Qatadah,

    shalawat

    “Dari Qatadah, dari Anas bahwa Rasulullah bersabda: Perbanyaklah salawat kepadaku di hari I Jumat. Dan para sahabat menganjurkan memperbanyak salawat kepada Nabi di hari Jumat” (Jala’al-Afham)
    yang dibaca sahabat :

    “Dari A’masy, dari Zaid ibnu Wahb, telah berkata Ibnu Mas’ud kepadaku, “Wahai Zaid bin Wahb, jangan kamu tinggalkan pada hari Jumat untuk bersalawat kepada Nabi 1000 kali kamu ucapkan Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadinin Nabiyyil Ummiyyi” (Jala’ al-Afham)

  3. Khalid bin Ma’dan, :

    “Khalid bin Ma’dan bertasbih setiap hari sebanyak 40.000 tasbih selain bacaan ayat al-Quran. Ketika meninggal ia diletakkan di atas meja untuk dimandikan, ternyata jarinya bergerak bertasbih” (HR Abu Nuaim dalam Al-Hilyah dan adz-Dzahabi dalam Tadzkirah Al-Huffadz)

Baca Juga Shalawat dan Rahasianya (The Secret Of Shalawat)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here