Moderasi Beragama

kalamulama.com – MODERASI BERAGAMA. Watak asli agama sesungguhnya moderat. Umatnyalah yang kadang mengurangi atau sebaliknya berlebih-lebihan. Jadi, bukan agamanya, tapi cara umatnya beragamalah yang kadang perlu dimoderasikan.
Moderasi Beragama punya nilai kunci, yaitu adil dan berimbang. Dalam hal apa? Khususnya dalam mengatur relasi antara manusia dengan Allah sebagai Khaliq dan dengan alam semesta raya seisinya sebagai sesama makhluk.
Hubungan baik manusia dg Allah yg lahirkan hubungan baik dengan makhluk-Nya ini disebut TAQWA. “Sesungguhnya yg termulia di antara kalian di sisi Allah adl tertaqwa”, dan “Sebaik-baik manusia adalah termanfaat bagi manusia.” Inilah cita-cita tertinggi Islam atas manusia.
Manusia sempurna (Insan Kamil) adalah mereka yang tauhid (iman pada Allah sebagai satu-satunya Tuhan) punya daya dorong sekuat-kuatnya untuk melahirkan kemaslahatan atau perilaku baik (amal shaleh) pada makhluk Allah, dan punya daya tahan sekuat2nya dari bikin kerusakan (mafsadat) atau perilaku buruk pada makhluk-Nya.
Moderasi Beragama adalah ikhtiyar untuk memahami agama agar bermanfaat secara internal (diri, keluarga, masyarakat/umat, dan negara sendiri) sekaligus secara eksternal (diri, keluarga, masyarakat/umat, negara lain) seluas-luasnya.
Nah dalam konteks perempuan, nilai adil dan berimbang ini tentu saja perlu mengintegrasikan pengalaman perempuan, baik secara biologis (menstruasi, hamil, melahirkan, nifas, dan menyusui) maupun sosial (stigmatisasi, marjinalisasi, subordinasi, kekerasan, dan beban gandha).
Mengapa? Agar tidak hanya adil dan berimbang secara formal, yang kadang-kadang tidak adil, tetapi sampai hakiki bagi perempuan. Caranya? Dg beri perhatian khusus pada pengalaman biologis perempuan agar rasa sakit tidak bertambah, dan pada pengalaman sosial agar dipastikan bisa dicegah bahkan dihapuskan sampai nol.
Moderasi Beragama adalah proses yang perlu terus-menerus diikhtiyarkan oleh setiap umat beragama.

salam

Dr. Nur Rofiah.Bil.Uzm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here