Lima Malam Doa

kalamulama.com -Menurut KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau yang lebih dikenal sebagai Guru Sekumpul, ada beberapa malam yang bagus untuk kita berdoa karena tidak akan pernah ditolak oleh Allah.

Kelima malam itu adalah
malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Idul Fitri dan malam hari raya Kurban atau Idul Adha.

“Di malam-malam ini, sebaiknya kita banyak berdoa,” ujar abah

Khusus di malam Lailatul Qadar, karena saking istimewanya pula, bahkan Nabi Muhammad dan keluarga beliau selalu menantikan kehadiran malam tersebut.

“Pernah satu ketika, istri Nabi, Siti Aisyah meminta diajari doa yang harus dibaca di bulan puasa agar bisa bertemu Lailatul Qadar. Kemudian diajari oleh Nabi Muhammad, ini doanya

“Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.”

Artinya, ya Allah ya tuhanku, sebenarnya Engkau sangat Pemafaat, Pemurah, senang memberi maaf, maafkan segala dosa dan kesalahan hamba,” ujarnya.

Selain itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan umatnya agar memperbanyak beribadah di bulan puasa, khususnya di malam-malam ganjil seperti salat hajat, salat sunah tasbih, dan sebagainya agar bisa mendapatkan Lailatul Qadar.

“Di malam Lailatul Qadar itu, semua doa kita dikabulkan Allah, tidak pernah ditolak. Lebih khususnya lagi di sepertiga malamnya. Oleh sebab itu, perbanyaklah beribadah dan berdoa,” kata Abah sekumpul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here