Kiai husein Muhammad

kalamulama.com – Kiai Husein Muhammad: HENTIKAN KEKERASAN

Kekerasan dan pemaksaan terhadap siapapun dan atas nama apapun bukan cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Agama dan etika kemanusiaan tidak mengajarkannya, malahan menentangnya.
Tuhan menyatakan “La Ikraha fi al-Din”, tidak ada paksaan dalam keyakinan/agama.
Ikrah, pemaksaan dan kekerasan selalu menghasilkan luka jiwa dan menimbulkan kebencian yang bisa panjang.

الاكراه لا يورث ايمانا وانما يورث نفاقا

Pemaksaan tidak mewariskan keimanan melainkan kepura-puraan (hipokrit). Agama tidak hadir untuk melegitimasi kekerasan dan permusuhan, melainkan untuk mempersaudarakan atas dasar kemanusiaan.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah. Janganlah kamu bermusuhan, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu. Maka berkat anugerah Allah itu kamu menjadi orang-orang yang bersaudara;
dan ingatlah pula saat kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari malapetaka. Begitulah Allah menjelaskan tanda-tanda kebesaran-Nya kepadamu, agar kamu tercerahkan”. Di tempat lain Allah menyerukan :

يا ايها الذين امنوا ادخلوا فى السلم كافة

“Wahai orang-orang yang sudah beriman, bergabunglah kalian dalam proses perdamaian secara total”

Kiai Husein Muhammad (@Husein553) 01-10-2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here