Kalam Ulama Keutamaan Hari Jum’at yang Harus Kalian Tau

Kalam UlamaKeutamaan Hari Jumat sangatlah banyak. Didalam Kitab Tankihul Qoul disebutkan bahwa Rosulullah SAW bersabda, “Sayyidul Ayyam (pimpinan hari) adalah hari jumat”.

Hal ini menjelaskan bahwasanya Hari Jumat merupakan hari yang paling utama. Kitab Al-Jami’ As Shaghir menyebutkan dalam sebuah hadist : “Pimpinan hari itu hari jum’at. Pada hari jumat terdapat lima keistimewaan. Pada hari tersebut Allah Swt menciptakan Nabi Adam, pada hari itu Nabi Adam diturunkan dari surga ke bumi, pada hari itu Nabi Adam meninggal dunia, pada hari itu ada saat dimana seorang hamba yang berdoa dan memohon kepada Allah SWT kemudian dikabulkan oleh Allah SWT, dan pada hari itu juga kiamat terjadi. Tiada dari malaikat, langit, bumi, angin, gunung, maupun bebatuan kecuali takut akan hari jum’at.” (HR Syafii, Ahmad, dan Bukhori dari Sa’ad bin Ubadah r.a).

Baca Juga  Inilah Hukum Sholat Jumat Yang Bertepatan Pada Hari Raya Idul Fitri

Dalam kitab ihya’ karangan Imam Al-Ghazali menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :” Barangsiapa meninggal pada hari jumat atau pada malam jumat maka baginya Allah SWT menulis pahala syahid dan dipelihara dari siksa kubur.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda : Allah SWT memberi ampunan kepada orang islam semuanya pada (malam) jum’at.

Dari Salman ia berkata :” Rosulullah SAW bersabda kepada ku: Tahukah kamu mengapa disebut hari jum’at? Akupun menjawab : “Tidak Yaa Rasulallah”  Rosulullah SAW bersabda : “Karena sesungguhnya pada hari Jumat di kumpulkan Bapak-mu, Nabiyullah Adam.” Para Ulama mengatakan yakni yang dimaksud adalah disatukannya ruh dan jasad Nabiyullah Adam. Pendapat lain bahwa Nabiyullah Adam dan Siti Hawa bertemu setelah perpisahan yang lama.

Mengingat akan agung dan mulianya hari Jumat, dengan keutamaan hari jumat tersebut maka kita dianjurkan memperbanyak amalan-amalan yang baik. Seperti halnya memperbanyak sholawat kepada Rasullah, beristighfar, berdzikir, bertasbih, bersedekah dan berinfaq, melaksanakan sholat sunnah dan ibadah-ibadah lainnya. Yang mana amalan-amalan tersebut memilki keutamaan dan fadhilah-fadhilah yang sangat besar.

Abdul Aziz bin Suhaib meriwayatkan bahwa Anas bin Malik r.a berkata : Aku pernah berdiri di hadapan Baginda Nabi Muhammad SAW, dan beliau bersabda : barang siapa yang membaca sholawat kepadaku pada hari jumat (sebanyak delapan puluh kali), maka Allah Swt mengampuni dosanya.

Nabi  Muhammad Saw bersabda : “Barangsiapa memperbanyak istighfar maka Allah Azza wa Jalla menjadikan baginya kelapangan atau jalan keluar dari setiap kesulitan dan kesempitan serta memberinya rizki dari yang ia tiada mengira.”

Abu Dzar r.a berkata : Aku bertanya kepada Rosulullah,  ucapan atau kalimat apa yang lebih dicintai oleh Allah Swt ? Nabi menjawab : Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil azhim

Semoga jumat kita semua dalam keberkahan.

Baca Juga  Keutamaan Menulis Sholawat - Kajian Kifayatul Atqiya’