KalamUlama.com - Keutamaan Bersedekah Menjadikan Harta Bertambah Berkah. Didalam Kitab Tankihul Qoul disebutkan bahwasanya Sayyidi Syaikh Abdul Qodir Al-

KalamUlama.com – Keutamaan Bersedekah Menjadikan Harta Bertambah Berkah. Didalam Kitab Tankihul Qoul disebutkan bahwasanya Sayyidi Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani  mengatakan : “Sedekah (memiliki keutamaan sunnah atau fadhilah yang besar) untuk dilaksanakan dalam waktu apapun, baik malam atau siang, banyak ataupun sedikit. Terlebih dilakukan dalam waktu yang berkah. Misalnya bulan Rajab, Sya’ban, Ramadhan, pada hari raya, hari Asyura, pada saat paceklik dan susah uang. Yang mana bersedekah (tersebut) memiliki banyak faidah diantaranya sehat badan, keselamatan harta benda, selamat keluarga, dan pahala kebaikan di dunia maupun di akhirat.”

Nabi Muhammad SAW bersabda :”Tidak ada harta benda yang akan berkurang karena sedekah

Artinya bersedekah dapat menjadikan harta bertambah berkah dan memperoleh pahala di Akhirat nanti.

Baca Juga : One Day One Hadits #6: Sedekah dari Harta Haram

Dikisahkan juga dalam kitab Tankihul Qoul bahwa ada seorang laki-laki memiliki sebuah pohon besar dan disana bersarang burung merpati. Suatu hari Istrinya berkata : “Naiklah ke pohon itu dan turunkan anak-anak burung (tsb) agar bisa kita jadikan makanan buat anak-anak kita.” Laki-laki tersebut melaksanakan apa yang diperintahkan istrinya. Lau Induk merpati terbang untuk menemui Nabi Sulaiman A.S. dan mengadu kepadanya.  Nabi Sulaiman memanggil laki-laki tersebut dan menyuruhnya untuk bertaubat. Laki-laki tersebut berkata : “Saya tidak akan kembali melakukan perbuatan itu untuk selamanya.”

Di kemudian hari istrinya berkata sebagaimana permintaan sebelumnya. Laki-laki tersebut menjawab :”aku tidak akan mengambil anak burung merpati lagi, karena Nabi Sulaiman telah melarangku.”

Istrinya berkata : “Nabi Sulaiman itu memikirkan kamu atau burung merpati? Beliau sibuk mengurusi kerajaannya.” Istri terus membujuk laki-laki tersebut, hingga ia bersedia memanjat kembali pohon untuk mengambil anak burung merpati. Sang induk burung merpati kembali mendatangi Nabi Sulaiman dan memberitahukan hal tersebut. Nabi Sulaiman marah dan memanggil dua jin, (satu penguasa di Wilayah Timur  dan satunya lagi penguasa di Wilayah Barat) diperintahkannya apabila laki-laki tsb hendak mengambil kembali anak burung merpati, maka dijatuhkannya dari atas pohon.

Selang beberapa waktu, Ketika burung merpati kembali bertelur dan beranak, laki-laki tersebut bermaksud untuk mengambilnya. Ketika sudah meletakkan kakinya di pohon, tiba-tiba ada seorang pengemis di depan pintu rumah. Dia memerintahkan istrinya untuk memberikan sesuatu, dan istrinya menjawab :”Tidak ada apa-apa untuk diberikan” lalu laki-laki tersebut turun, dan menemukan sesuap nasi yang kemudian diberikannya kepada pengemis.

Setelah itu laki-laki tersebut kembali (melanjutkan) mengambil anak burung merpati di pohon. Sang Induk burung langsung menemui Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman kemudian memanggil kedua Jin tersebut dan berkata :”Apakah kalian tidak menuruti perintahku?” kedua jin tersebut menjawab :” Tidak, kami tidak menantang perintahmu wahai tuanku, kami selalu berada di atas pohon untuk menjaga sarang burung merpati. Ketika laki-laki tsb mulai memanjat, ada seorang pengemis dan laki-laki tsb memberikan sesuap nasi kepadanya. Saat ia kembali memanjat pohon dan kami hendak menjatuhkannya tiba-tiba datang malaikat, dan melemparkan kami ke tempat matahari terbit dan tempat matahari terbenam,

Begitu banyak fadhilah atau keutamaan-keutamaan dari bersedekah. Semoga kita semua istiqomah untuk selalu bersedekah.

Wallahu a’lam

Baca Juga : One Day One Hadits #11 : Sedekah Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here