Kajian Kitab Qurrotul 'Uyun #2 Keutamaan Shalawat dan Delapan Dzikir Seumur Hidup

Ada delapan dzikir yang begitu mulia, sampai sampai dihukumi wajib dalam mengucapkannya, meskipun sekali dalam seumur hidup. Delpan dzikir tersebut terangkum dalam nadzam berikut ini

ذكر سمان قل بحكم الفرض # مرة فى العمر ثفهم غرضى
Ada 8 dzikir, katakanlah bahwa hukumnya wajib # diucapkan seumur hidup, maka pahamilah
هيللة حمدلة وبسملة # ثسبيح وثكبير كذلك حوقله 
La ilaha illallah, Alhamdulillah, Basmalah # subhanallah, Allahu Akbar, begitu juga La haula wala quwwata illa billah
ثصلية على النبي الها دي # كذا سلام فزت بلر شاد 
Sholawat atas Nabi penunjuk jalan kebenaran # begitu juga salam, maka anda akan memperoleh kebenaran

Keutamaan membaca shalawat
“Sesungguhnya Allah beserta malaikat malaikatNya selalu membaca shalawat atas Nabi, Hai orang orang yang beriman, bersholawatlah kamu atas Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (QS Al Ahzab :56)
Imam Qusyairi menafsirkan ayat di atas bahwa Allah menghendaki agar umat islam selalu menaati Rasulullah SAW dengan ketaatan yang seimbang dengan syafaat yang diberikan Rasulullah kepada umatnya. Kehadiran Rasulullah merupakan sebuah nikmat yang begitu besar dari Allah, maka Allah memerintahkan kepada umat islam untuk selalu membaca shalawat kepadanya.

Keutamaan membaca shalawat dijelaskan dalam sabda Nabi :

“Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan memberi rahmat kepadanya sepuluh kali lipat”

Imam Busyairi berkata lewat syairnya :

“bekalilah dirimu dengan takwa, jika hal tersebut tak mampu kau lakukan maka dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad”

Nabi Muhammad merupakan Saiyyidul Anbiya’, Nabi yang paling mulia diantara nabi nabi yang lainnya.

وانعقد الاجماع ان المصطفي # افضل خاق الله والخلف انتفى
Para ulama’ sepakat bahwa “Almusthofa” # adalah mahluk Allah yang paling mulia, tidak ada yang menentangnya”
وما انتحى الكشاف في التكوير # خلاف اجماع ذوي التنوير
Di dalam kitab alkasyaf (karya azzamahsyari) di dalam menafsirkan surat attakwir # namun kata itu menyimpang dari ijma’ ulama”

Di dalam sebuah hadits dikatakan “sesungguhnya aku lebih mulia dari pada orang orang terdahulu dan yang akan datang kemudian di hadapan Tuhanku, dan aku tidak sombong. Aku juga merupakan pemimpin anak adam kelak pada hari kiamat, dan aku tidak sombong. Aku pun orang ayng pertama keluar dari kubur. Aku adalah permulaan yang memberi pertolongan dan permulaan orang yang ditolong.”

Beliau diberi nama “Muhammad” dengan maksud agar antara nama Muhammad dengan sifat beliau bisa seimbang. Sebab beliau selalu dipuji oleh mahluk di seluruh alam dari setiap sudut, baik sudut hakikat, sifat, bentuk tubuh, budi pekerti, amal tingkah laku, ilmu, maupun ketetapan hukumnya. Beliau selalu dipuji baik di bumi maupun di langit di dunia maupun di akhirat. Beliau dipuji di bumi sebab ilmu dan hikmahnya yang bermanfaat. Beliau dipuji di akhirat sebab syafaatnya.

وليس في بنا ته من اعقبا # الا البتول طابت اما وابا
Tidak ada diantara putri putri Nabi yang memiliki keturunan # kecuali Fatimah yang banyak ibadahnya dan baik ibu bapaknya”
Didalam sebuah hadis disebutkan, “Sesungguhnya setiap Nabi mempunyai bapak dan ahli warisashabah, yang dapat intisab dengan mereka, kecuali putra putra Fatimah, maka akulah wali danashabah mereka, mereka diciptakan dari tanahku, celakalah orang orang yang mendustakankeutaman mereka, barang siapa cinta kepada mereka, maka Alloh swt akan mencintainya.Demi Tuhan yang diriku ada dikekuasanNya, seseorang tidak benci kepada ahli bait (keturunanRosul) kecuali Alloh menulisnya sebagi ahli neraka”.
Mengenai keutamaan ahli bait (keturunan Rosul) dalam hadis marfu’ yang diriwayatkan olehSaidina Umar ra,: “Setiap kedudukan dan turunan akan putus kelak pada hari kiamat,kecuali kedudukan dan turunanku. Setiap anak laki laki dari anak perempuan warisashabah mereka adalah balik kepada ayahnya, kecuali anak anak Fatimah sesungguhnyaaku adalah bapak dan wali ashabah mereka”

Wallahu a’lam bisshowab