Oleh: Hamzah Alfarisi

 

#4

Penjelasan :

As-sholatu berarti do’a yang baik. Apabila lafad As-sholatu dimudhofkan (digabungkan) dengan lafad Allah, maka bermakna tambahnya nikmat yang dibarengi dengan penghormatan. Telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA :

“ Sesungguhnya as-sholatu dari Allah adalah rahmat, dari hamba adalah do’a, dan dari para malaikat adalah permintaan ampun “

Lafad as-salam bermakna penghormatan yang patut bagi Nabi SAW. Dalam bait tersebut  kiyai Nadhim seakan-akan mengatakan, saya mencari dari-Mu ya Allah sebuah rahmat yang dibarengi dengan keagungan dan penghormatan yang agung sehingga sampai kepada puncak derajat sebagai penghormatan kepada beliau semua.

Lafad sarmada bermakna da’iman (selamanya). Sedangkan kata an-Nabiyyi ada dua pendapat:

  1. Kata An-Nabiyyu berasal dari kata an-nubuwwah yang berarti tempat yang tinggi. Kemudian penyebutan an-Nabiyyu, karena Nabi diangkat derajatnya oleh Allah atau bagi orang yang mengikutinya akan tinggi derajatnya.
  2. Kata An-Nabiyyu berasal dari kata nabi’un yang bermakna kabar berita. Karena sesungguhnya Nabi adalah orang yang diberikan kabar berita, atau orang yang membawa kabar berita dari Allah ta’ala.

Adapun lafadz khairu man qad wahhada bermakna bahwa nabi adalah sebaik-baiknya makhluk yang meng-esa-kan Allah SWT, karena sesungguhnya nabi suatu ketika pernah dibedah dadanya oleh malaikat jibril dan malaikat mikail. Kejadian tersebut berlangsung setelah Nabi disapih oleh sayyidah halimah. Kemudian kedua malaikat tersebut menimbang keutamaan dan kemulyaan Nabi dengan selainnya, maka Nabi lebih unggul dan bertambah 1000 dibanding dengan umat nabi Muhammad yang memiliki keutamaan dan kemulyaan. Termasuk umat Nabi Muhammad adalah para nabi dan rasul. Oleh sebab itu Imam Busyiri dalam burdahnya berkata:

Beliau melampaui para nabi-nabi terdahulu baik ketampanan ataupun akhlak budi pekerti # Mereka para nabi-nabi terdahulu takkan menyamai Rosulullah Saw, baik dalam ilmu atau kemulian.

Semua para nabi-nabi terdahulu memohon dari diri Rosulullah Saw. # Seciduk lautan ilmunya dan setetes hujan kesantunannya.

Wallahua’lam…