ym

[FOTO]: Parade Gog Magog di kota London. Gog Magog berasal dari bahasa Inggris yang artinya senada dengan “Yakjuj Makjuj”. Setiap tahun, pada Sabtu kedua bulan November, mereka berparade melalui jalan-jalan penting di kota London dan Vatican dengan slogan “Gog and Magog are the patron saints or protectors of the City of London” (Yakjuj Makjuj adalah Pelindung dari kota London).

====================================

Selayang Pandang:

Yakjuj dan Makjuj (Arab: يأجوج ومأجوج ; Ibrani: גוג ומגוג; Inggris: Gog Magog).

Yakjuj Makjuj adalah nama sekelompok bangsa yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

Kisah tentang kaum ini terdapat dalam ajaran agama Yahudi, Kitab Kejadian umat Kristen dan kitab suci umat Islam, Al-Qur’an. Yakjuj dan Makjuj juga muncul dalam banyak mitologi dan cerita rakyat di banyak negara, diantaranya adalah legenda rakyat Britania Raya dan Irlandia.

Imam Ibnu Katsir menerangkan bahwa mereka adalah keturunan Adam. Dari keturunan Nuh, dari keturunan Yafits yakni nenek moyang bangsa Turki yang terisolir oleh benteng tinggi yang dibangun oleh Dzulqornain.

(*Ket: Nabi Nuh a.s memiliki 4 orang anak yaitu; Kan’an, Yafits, Sam, dan Ham. Namun hanya Kan’an yang durhaka dan tidak selamat dari banjir besar)

Nasabnya: Magog bin Yafits bin Nuh bin Lamik (Lamaka) bin Mutusyalih bin Idris bin Yarid bin Mahlil bin Qinan bin Anusy bin Syits bin Adam.

Selepas banjir mengering, Ya’juj dan Ma’juj (keturunan Yafits) hijrah ke utara, yaitu ke Eropa dan Rusia bagian Selatan. Keturunan Sam berada di sekitar bumi Kanaan, lalu membentuk bangsa Arab dan sekitarnya. Sedangkan Keturunan Ham berhijrah ke Afrika lalu membentuk bangsa Afrika.

Dalam suroh Al-Kahfi diceritakan bahwa Dzulqornain dalam ‘ekspedisinya’ sampai disuatu tempat antara dua gunung. Dia menemukan suatu kaum yang tidak dikenali bahasanya. Kaum itu mengadukan kepadanya bahwa ada bahaya mengancam mereka yaitu dari Yakjuj dan Makjuj, dan mereka meminta untuk membangun tembok yang dapat melindungi mereka dari kejahatan Yakjuj dan Makjuj. Kemudian oleh Dzulqornain dipenuhilah permintaan tersebut.

——————————————————

Tinjauan Hadist Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam

Dari Zainab binti Jahsy r.ha, bahwa Rosululloh SAW bangun dari tidurnya dan bersabda,

“Laa iLaaha iLLaLLoh”, celakalah orang-orang Arab karena suatu bencana akan terjadi, yaitu hari ini dinding (tembok) Yakjuj dan Makjuj telah terbuka sebesar ini. (membuat lingkaran dengan jari telunjuk dan ibu jari).

Zainab binti Jahsy r.ha lalu bertanya, “Wahai Rosululloh, apakah kita semua akan binasa padahal diantara kita banyak terdapat orang-orang sholeh?”

Baginda SAW menjawab, “Ya, jika banyak berlaku kemaksiatan.” (Riwayat Muslim)

Dalam Riwayat Bukhori, “Ya, benar jika keburukan telah merajalela”

——————————————————–

Sekitar 1500 tahun yang lalu, Rosululloh SAW menunjukkan bahwa tembok Yakjuj dan Makjuj telah berlubang seukuran lingkaran yang dibentuk jari telunjuk dan ibu jari. Lalu bagaimanakah dengan tembok Yakjuj dan Makjuj saat ini?

Pertanyaan-pertanyaan berikut akan ‘memprovokasi’ pikiran dan menjadi bahan bakar untuk memulai pengembaraan kita menyusuri ekspedisi Dzulqornain dan menyibak berbagai misterinya.

Misteri yang tidak bisa dilepaskan dari nama Yakjuj dan Makjuj, atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Gog and Magog.

1). Benarkah tembok Yakjuj Makjuj masih berdiri kokoh sampai saat ini? Ataukah sudah hancur sejak ratusan tahun silam?

2). Benarkah Yakjuj Makjuj hanya sebuah mitos? Ataukah mereka memang benar-benar ada?

3). Benarkah Yakjuj Makjuj itu makhluk menyeramkan, makhluk dari luar angkasa? Ataukah mereka adalah bangsa manusia seperti kita?

4). Benarkah Yakjuj Makjuj akan keluar menjelang kiamat nanti? Ataukah dia telah keluar dan hidup di tengah-tengah kita?

5). Jika tembok Yakjuj Makjuj masih berdiri kokoh, mengapa tidak ada satu bukti pun yang menunjukkan keberadaannya sampai hari ini?

6). Jika Yakjuj Makjuj hanyalah sebuah mitos, mengapa nama Yakjuj Makjuj (Gog and Magog) disebutkan dalam kitab suci tiga agama besar dunia (Yahudi, Kristen dan Islam)? Akankah kita menganggap informasi dalam kitab suci hanyalah sebuah mitos?

7). Jika Yakjuj Makjuj adalah makhluk menyeramkan ataupun makhluk luar angkasa, maka pendapat ini akan berbenturan dengan informasi yang tertera dalam kitab suci tiga agama besar di atas.

8). Jika Yakjuj Makjuj hanya akan keluar menjelang kiamat nanti, dimanakah mereka sekarang? Jika mereka telah keluar dan hidup di tengah-tengah kita, mengapa banyak dari kita yang tidak menyadarinya?

Apakah Anda sudah siap memulai petualangannya? 🙂

InsyaAlloh, misterinya akan kita ungkap secara runtut pada postingan berikutnya. Tetaplah bersama kami… (bersambung)
wAllohu a’lam.

=========================================

Disarikan oleh Ahmad Ulul Azmi melalui berbagai sumber

[Jakarta Timur, 07 Februari 2016 | 14:53 UTC+7]