Dalam rangka Haul Ahlul Badar 1439 H, kami akan memposting tulisan Syekh Dr. Ali. Jum’ah. Semoga Bermanfaat. Jangan lupa share, terimakasih

MANDZUMAH AL-BADRIYAH : Edisi Haul Ahlul Badar 1439 H.

Kalam Ulama – Susunan syair, atau yang biasa disebut dengan istilah mandzumah, ini berjudul Jaliyatul Kadar Bi Zikri Asma Ahlil Badar Wa Syuhadai Uhud As-Sadatul Ghurar. Kebanyakan umat Islam menyebutnya dengan nama Al-Badriyah. Karya monumental ini ditulis oleh Al-Allamah Al-Muarrikh As-Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim Al-Barzanji.

Baca Juga : Kisah Habib Jakfar Alkaff Kudus : Menyuruh Beli Mobil Fortuner dengan Uang 400 Ribu

Syekh Dr. Ali Jum’ah dalam postingannya 19 jam yang lalu menulis faedah:

كانت (البدرية) في مكة المكرمة والمدينة المنورة من العادات الحسنة، وكانوا يداومون على قراءتها كلما ألم بهم خطب، وكانت لا تخلو ليلة من الليالي إلاَّ وفي بيت من بيوت مكة بدرية، وكانت لها مشايخ يتداولونها شيخ عن شيخ، وكانوا يحفظونها عن ظهر قلب، وقد كان أهل مكة المكرمة في السنين الماضية، إذا عزم أحدهم على الزواج أول ما يبدأ به (البدرية) ليبارك الله له في حياته الزوجية .

“Bahwa pembacaan Mandzumah Al-Badriyah ini merupakan salah satu kebiasaan baik di kota Mekah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah. Masyarakat kedua kota ini senantiasa membiasakan diri untuk terus-menerus membaca Mandzumah Al-Badriyah ketika ditimpa penyakit. Tidak ada satu malam pun yang berlalu kecuali pasti ada salah satu rumah di kota Mekah yang membaca Mandzumah Al-Badriyah. Bahkan Mandzumah ini diajarkan oleh para syekh yang diwariskan dari syekh sebelumnya dan diteruskan oleh syekh berikutnya. Para penduduk kota Mekah menghafalkan Mandzumah ini dan menjaganya dalam hati. Lebih dari itu, penduduk Mekah, setidaknya hingga beberapa tahun yang lalu, jika ingin melangsungkan pernikahan maka terlebih dahulu memulainya dengan membaca Mandzumah Al-Badriyah dengan harapan agar Allah memberkahi hidup dan rumah tangga mempelai.”

Syekh Ali melanjutkan:

وإذا أحد جاءه مولود أول ما يبدأ (بالبدرية) ليبارك الله له في ولده وينبته نباتاً حسناً ، وإذا كان أحد لديه مريض يقرأون له (البدرية) بنية الشفاء له.

“Jika ada anak yang lahir maka yang pertama kali dilakukan (sebagai ungkapan syukur) adalah membaca Mandzumah Al-Badriyah agar Allah memberkahi orang tuanya atas kehadiran anak tersebut. Juga dengan niat agar semoga anak tersebut tumbuh dengan baik. Selain itu, jika ada salah seorang yang sakit maka dibacakan untuknya Mandzumah ini dengan niat agar ia diberi kesembuhan.”

Mandzumah ini dapat diunduh di http://www.riyadhalelm.com/book/46/10_jalit_alkadar.pdf

Jakarta, 18 Ramadan 1439
Ustadz Adhli Alqarni