Kajian Islam (Kalam ulama). Hak Pertama istri atas suaminya

Seorang istri mempunyai banyak hak dari suaminya. Diantara hak-hak tersebut ada hak yang paling yang harus dipenuhi.  hak tersebut yaitu yaitu  suami memerintahkan istrinya untuk taat kepada Allah. Karena Allah mensyariatkan perkawinan dan membolehkan pernikahan supaya menjadi penolong atas ketaatan kepada Allah, dan menjadi jalan kepada rahmat Allah.  Perkara yang wajib atas suami adalah memrintahkan istri dengan apa-apa yang Allah telah perintahkan, dan melarang apa-apa yang Allah telah larang. Seperti perkataan as-Syankithi al-Hanbali dalam kitab “Umdatul fiqhi” bab pernikahan dan kedudukan hak juz 1 halaman 38 :

فأول ما ذكر العلماء من حقوق الزوجة أن يأمرها بطاعة الله –تبارك وتعالى- هذا aالحق الذي من أجله قام بيت الزوجية فإن الله شرع الزواج وأباح النكاح لكي يكون عونا على طاعته ويكون سبيلا إلى رحمته. فالواجب على الزوج أن يأمر زوجته بما أمر الله وأن ينها عما حرم الله, وان يأخذ بحجزها عن عقوبة الله ونارالله.

“hak-hak pertama istri yang telah dituturkan para ulama yaitu suami memerintahnya taat kepada Allah –Semoga memberkahi dan maha luhur Allah- Ini adalah hak yang karenanya berdiri keluarga. Sungguh Allah mensyari’atkan perkawinan dan membolehkan pernikahan supaya menjadi penolong atas taat pada Allah dan menjadi jalan atas rahmat Allah. Perkara yang wajib atas suami adalah memerintahkankan istrinya apa-apa yang Allah telah perintahkan, dan melarang apa-apa yang Allah telah larang. Suami mencegah istrinya dari siksaan Allah dan neraka Allah.”

OLeh : Hamzah Alfarisi