Kajian Islam (Kalam Ulama). Hak-Hak Istri Lebih Berbahaya, Jika Diabaikan

Ada sebuah pepatah arab yang mengatakan “baity jannati” rumahku surgaku. Tentu untuk membangun sebuah surga di dalam rumah bukanlah hal yang mudah. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah memenuhi hak masing-masing anggota keluarga. Namun apakah yang terjadi ketika salah satu dari hak masing-masing anggota keluarga terabaikan. Lebih berbahaya manakah antar hak istri yang terabikan ataukah hak suami yang terabaikan.

Baca juga: Dirikanlah Sholat, Allah Akan Mencukupi Rezeki-mu

Mengabaikan hak-hak istri itu lebih berbahaya dan lebih  besar (madharatnya), karena istri ketika sang suami mengabaikan hak-haknya maka dia tidak tahu apa yang akan dia kerjakan dan tidak tahu dimana dia harus pergi. Istri itu di bawah lindungan hak-hak suami. Seperti kata as-Syankithi dalam kitab “Umdatul fiqhi” juz 1 halaman 36 :

قال العلماء : إن إضاعة حقوق الزوجة أعظم من إضاعة حقوق الأزواج, لأن الزوج إذا ضاع حقها لاتدري ماذا تفعل ولا أين تذهب وهي تحت ذلك الزوج الذي يمسكها للأضرار والتضييق عليها.

Para Ulama berkata : “Sesungguhnya mengabaikan hak-hak istri itu lebih besar (bahayanya) dari pada mengabaikan hak-hak suami. Karena sungguh istri ketika suami mengabikan haknya dia tidak tahu apa yang akan dia lakukan dan dimana dia akan pergi. Istri itu dibawah hak-hak suami yang menjaganya dari marabahaya dan kesulitan atasnya (istri).”

oleh : @alfarisi_hamzah