Habib Al Jufri

kalamulama.com– Habib Ali Al Jufri berkisah tentang pertemuannya dengan seorang Atheis : “Pernah saya bertemu beberapa pemuda dari Inggris, aslinya keturunan Pakistan, tetapi berbicara Bahasa Inggris karena lahir di Inggris. Para pemuda itu mendengar beberapa isu di kampusnya, mereka melihat sikap-sikap orang muslim itu tidak baik, melakukan bom bunuh diri, menghalalkan darah orang lain, dan menjamurnya hoax (berita kebohonan) yang tersebar sampai pemerintahan, dan mereka melihat moral yang buruk dari sebagian umat Islam. Mulai dari situlah mereka mulai ragu dengan Islam, mulai lemah imannya, sampai pada tingkatan iman paling rendah dirinya berubah menjadi ‘Atheis’.

Suatu ketika dia memutuskan bahwa besok setelah bangun tidur dia akan memutuskan telah menjadi Atheis, lalu dia masuk ke kamar dan mulai tiduran diatas kasur. Tiba-tiba tanpa dia sadari tangannya memegang Tasbih, dan dia berkata “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad wa ‘Ala Ali Sayyidina Muhammad”. Kemudian dia sadar, ngapain dia pegang tasbih lalu bersholawat padahal dia besoknya akan mengumumkan menjadi Atheis ? Tapi dia punya masalah lain bahwa sejak kecil dia dididik untuk selalu cinta kepada Nabi Muhammad.

Ibunya selalu mengajarkan kepadanya untuk membaca Sholawat menggunakan Tasbih itu. Kebiasaan itu semua sudah benar-benar membekas dalam diri pemuda itu. Akhirnya pemuda itu tidak bisa tidur dan mulai berpikir “Mau jadi Atheis apa tidak yah ? Apakah benar-benar ada Tuhan ? Kalau tidak ada Tuhan berarti ucapan Nabi Muhammad nggak bener dong ? Tapi tidak mungkin Nabi Muhammad berbohong” Dia berkata demikian sambil gemetaran, lalu saat itu juga dia memutuskan untuk menunda mengumumkan menjadi Atheis, dia memulai mengkaji kembali di dalam forum-forum filsafat. Dan yang menjadikan dirinya tertarik kembali kepada Islam ialah kebiasaan dirinya bersholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

— Al Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al Jufri, Pondok Pesantrean Darul Halim, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Desember 2019 —

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here