kalamulama.com- ADAB MINUM RASULULLAH UNTUK MENCEGAH MAKSIAT إنَّك اذا ما اقبلتَ على شَربَةِ مَاء , فقَسِّمْهُ اَثلاَثًا إشْرَبْ أوّلَ جَُرعَةٍ وقُلْ بِسْمِ اللَّه، واشْرَبْهَا ! ثمَّ انْتَهِ مِنَ الجرعة و قُل الحَمدُ لِلّٰه ثم اخْتِمْ بالثّالثَة و قل بسم الله و اختِمهَا بقولِكَ الحمد لله ً. ‏إِذَا أَخَذْتَ شَرْبَةَ مَاءٍ بهٰذِهِ الطَّرِيقَة الّتِي نُقِلَتْ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليهِ وَ سلَّم.. طَالَمَا كَانَ فِي جَوفِكَ ذٰلكَ المَاء فَلمْ تحدّثكَ ذَرّة بمَعْصِيَةِ الله Jika saat kau akan meminum air maka bagilah dengan tiga kali tegukan Pada tegukan pertama ucapkanlah Bismillah dahulu lalu minumlah Kemudian setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah •دعاء الأنبياء Pada tegukan kedua ucapkan Bismillah lagi dan bila telah selesai ucapkan Alhamdulillah juga Kemudian pada tegukan terakhir ucapkan Bismillah sebagaimana sebelumnya lalu setelah selesai ucapkan Alhamdulillah Jika saat kau meminum air mempraktekkan cara yang diajarkan Rasulullah ini Ketahuilah! Selama air itu ada dalam perutmu maka tubuhmu tidak ada keinginan untuk melakukan maksiat dihadapan Allah walau hanya sebanding partikel atom Semoga kita semua bisa meneladani apa yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita melalui perantara para ulama yang saleh dan ikhlas Baca Juga: 

kalamulama.com– ADAB MINUM RASULULLAH UNTUK MENCEGAH MAKSIAT

إنَّك اذا ما اقبلتَ على شَربَةِ مَاء , فقَسِّمْهُ اَثلاَثًا
إشْرَبْ أوّلَ جَُرعَةٍ وقُلْ بِسْمِ اللَّه، واشْرَبْهَا ! ثمَّ انْتَهِ مِنَ الجرعة و قُل الحَمدُ لِلّٰه
ثم اخْتِمْ بالثّالثَة و قل بسم الله و اختِمهَا بقولِكَ الحمد لله ً.
‏إِذَا أَخَذْتَ شَرْبَةَ مَاءٍ بهٰذِهِ الطَّرِيقَة الّتِي نُقِلَتْ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليهِ وَ سلَّم..

طَالَمَا كَانَ فِي جَوفِكَ ذٰلكَ المَاء فَلمْ تحدّثكَ ذَرّة بمَعْصِيَةِ الله

Jika saat kau akan meminum air maka bagilah dengan tiga kali tegukan

  • Pada tegukan pertama ucapkanlah Bismillah dahulu lalu minumlah Kemudian setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah •دعاء الأنبياء
  • Pada tegukan kedua ucapkan Bismillah lagi dan bila telah selesai ucapkan Alhamdulillah juga

  • Kemudian pada tegukan terakhir ucapkan Bismillah sebagaimana sebelumnya lalu setelah selesai ucapkan Alhamdulillah

Jika saat kau meminum air mempraktekkan cara yang diajarkan Rasulullah ini

Ketahuilah! Selama air itu ada dalam perutmu maka tubuhmu tidak ada keinginan untuk melakukan maksiat dihadapan Allah walau hanya sebanding partikel atom Semoga kita semua bisa meneladani apa yang telah Rasulullah ajarkan kepada kita melalui perantara para ulama yang saleh dan ikhlas.

Mari kita berusaha mengamalkan adab minum rasulullah ini, semoga kita termasuk umat yang selalu meneladani rasulullah SAW.

Baca Juga: Kekuatan Islam yang Santun Di Indonesia perlu Dipertahankan

================

Rosululloh SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya.” HR. Imam Muslim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here