Adab Istri Menjadikan Wanita Sholehah
kalamulama.com – Adab Istri Menjadikan Wanita Sholehah” (Lanjutan) – Kajian Wanita Sholihah dan Lelaki Sholih #07. Pertanyaan : Apa saja adab/tatakrama lain (selain pembahasan kemarin) yang bisa menjadikan istri sebagai wanita sholehah ?

Jawab :

Oleh : Hamzah Alfarisi

Seorang istri tidak boleh menghina suami dengan kecantikannya, dan tidak pula menghina suami karena kejelekan suaminya. Seperti perkataan Imam Ghozali dalam kitab Ihya Ulumuddin juz 2 halaman 59 : Sebagian dari adab ber-mu’asyarah(bergaul) dengan suami yaitu istri tidak menghina suami sebab kecantikannya dan istri tidak pula menghina suami karena kejelekannya.

Telah diceritakan dari ‘Asmu’i : Saya masuk ke suku Badui, tiba-tiba saya bersama dengan seorang perempuan yang sangat cantik mukanya di bawah lelaki yang buruk mukanya.

Saya berkata pada perempuan itu : “Apakah kamu ridha terhadap dirimu di bawah lelaki seperti itu?”

Dia menjawab : “ Hai diam! Sungguh kamu telah menyalahgunakan ucapanmu, mungkin lelaki itu bagus dalam hal antara dia dan Tuhannya, maka Allah menjadikannya padaku pakainnya (istrinya) atau mungkin aku berbuat buruk dalam perkara di antara aku dan Tuhanku sehingga Allah menjadikanya siksa bagiku, apakah kamu tidak ridha dengan perkara yang Allah telah ridha padaku? Diamlah kamu padaku!”. Kemudia dia diam padaku.

Semoga Bermanfaat, Adab Istri Istri Menjadikan Wanita Sholehah” (Lanjutan) – Kajian Wanita Sholihah dan Lelaki Sholih #07

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here