Kajian Islam (Kalam Ulama). One Day One Hadits #8: Keutamaan Seorang Wanita

بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب النكاح
باب أفضل النساء

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادِ بْنِ أَنْعُمَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَلَيْسَ مِنْ مَتَاعِ الدُّنْيَا شَيْءٌ أَفْضَلَ مِنْ الْمَرْأَةِ الصَّالِحَةِ. رواه ابن ماجه

Artinya:
Dari Abdullah bin Amr (w. 63 H) bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dunia itu adalah hiasan, dan tidak ada hiasan dunia yang lebih indah selain wanita yang shalihah.”
H.R. Ibnu Majah(W.275 H)

Baca juga : One Day One Hadits #7: Mempererat Ikatan Persaudaraan

Istifadah :
Hadis ini mengandung makna yang merupakan sebagian ajaran Islam dalam aspek pendidikan dalam menghargai derajat wanita di dunia. Wanita diumpamakan sebagai perhiasan dunia manakala ia dididik dengan pendidikan yang baik sehingga menjadi wanita yang shalihah, yakni shalih agama dan akalnya. Maka ia mampu menjaga akal dan keluarganya, teguh dan istiqamah dalam memegang ajaran Islam serta mengamalkannya dalam kehidupan. Dengan demikian maka wanita tersebut bermanfaat di dunia dan di akhirat kelak.

Senin, 22 Rabi’ul Awal 1439 H/ 11 Desember 2017 M

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]