Kajian Islam (Kalam Ulama). One Day One Hadits #7: Mempererat Ikatan Persaudaraan

بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب الأدب
بَاب الْمُؤَاخَاةِ

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ مَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ فَإِنَّ اللَّهَ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ بِهَا كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. رواه أبو داود

Artinya:
Dari Salim bin Abdullah bin Umar bin Khattab dari bapaknya (Abdullah bin Umar [W. 73 H]) dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak boleh menzhalimi atau merendahkannya. Barang siapa memenuhi kebutuhan saudaranya maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Dan Barang siapa membebaskan kesulitan seorang muslim di dunia, maka Allah akan membebaskan kesulitannya di akhirat. Dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat.”
H.R. Abu Daud (W. 275 H)

Baca juga : One Day One Hadits #6: Sedekah dari Harta Haram

Istifadah:
Hadis ini menegaskan bahwa setiap muslim itu bersaudara. Sebagai saudara, sudah seharusnya untuk saling menopang dan menjaga satu sama lainnya. Saling berbagi baik keadaan suka maupun dukanya.

Namun ingat, persaudaraan tidak hanya sebatas sesama muslim. Persatuan sesama umat manusia pun harus diperkokoh. Karena pada hakikatnya setiap manusia adalah satu keluarga dan saudara. Dengan mengingat banyaknya bangsa, suku, perbedaan bahasa maupun warna kulit itu justru pendorong untuk saling melengkapi.Selain itu, Fitrahnya sebagai saudara adalah saling menghargai perbedaan yang ada. Perbedaan antar manusia itu bukanlah batas yang menghalangi manusia untuk saling berinteraksi.

Persamaan hak itu ada pada manusia menurut fitrahnya. Setiap manusia terlahir merdeka, memiliki hak dan kedudukan yang sama. Apalagi, dihadapan Allah pun tak ada sesuatu yang membuat sebagian lebih utama dari yang lain itu kecuali iman dan takwa.

🌏 Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia
Semoga nilai-nilai hak kemanusiaan di dunia bisa semakin terjaga.

Ahad, 21 Rabi’ul Awal 1439 H/10 Desember 2017 M

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-sunnah]