Kajian Islam (Kalam Ulama). One Day One Hadits #14 : Kemudahan Bersedekah

بسم الله الرحمن الرحيم

كِتَابُ الأَدَبِ 
بَابُ كُلِّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عِيَّاشٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ غَسَّانٍ قَالَ : حَدَّثَنِي مُحَمَّدِ بْنُ المُنْكَدَرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللّٰهِ رِضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ. رَوَاهُ البُخَارِي

Artinya:
Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu (w. 78 H) berkata, bahwasanya Nabi SAW bersabda, *”Setiap kebaikan adalah sedekah.”* H.R. Bukhari (w. 256 H)

Baca Juga One Day One Hadits #13 : Menahan Amarah

Istifadah:
Hadis ini menunjukkan kemudahan bagi setiap insan untuk bersedekah. Jadi sedekah tidak hanya berupa uang saja. Ibnu Bathal rahimahullah (w. 499 H) menjelaskan bahwasannya setiap perbuatan atau perkataan baik yang dilakukan oleh seseorang terhitung sebagai sedekah

Amalan baik yang dimaksud dijelaskan pada hadits riwayat Abu Musa al-Asy’ari r. a. (w. 44 H), diantaranya; bersedekah, bekerja secara sungguh-sungguh, dan membantu orang yang sedang berduka. Jika semua ini terasa sulit dilakukan, maka cukup dengan berkata baik, menyuruh kepada kebaikan, dan menahan diri dari kemaksiatan. 
Islam telah memudahkan pemeluk-pemeluknya untuk bersedekah. Maka dari itu mari kita bersedekah dengan amalan baik masing-masing.

Kamis, 3 Rabi’ul Akhir 1439 H/ 21 Desember 2017 M

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]