Kajian Islam (Kalam Ulama). One Day One Hadits #11 : Sedekah Terbaik

بسم الله الر1حمن الرحيم

كتاب الأشربة
باب شرب اللبن

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ “نِعْمَ الصَّدَقَةُ اللِّقْحَةُ الصَّفِيُّ مِنْحَةً وَالشَّاةُ الصَّفِيُّ مِنْحَةً تَغْدُو بِإِنَاءٍ وَتَرُوحُ بِآخَرَ”
رواه البخاري

Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. (w. 58 H) bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah unta bunting yang banyak susunya dan kambing bunting yang banyak susunya , yaitu ketika pergi (penuh) dengan kantong susu dan ketika pulang membawa kantong susu yang lain.” H.R. Bukhari (256 H)

Baca Juga One Day One Hadits #10 : Menutup Mulut dengan Tangan Ketika Menguap

Istifadah:
Islam mengajarkan pemeluknya untuk saling berbagi dan membantu satu sama lain. Banyak syariat dalam interaksi sosial yang diberlakukan dari aspek moneter hingga peradilan bertujuan untuk menjaga hubungan baik antar individu. Begitu juga perihal kriteria pemberian yang paling dianjurkan tak luput dari sorotan Islam.

Hadis ini menjelaskan bahwa sebaik-baiknya pemberian adalah unta atau kambing yang memiliki susu yang selalu penuh meskipun diperah setiap pagi dan sore. Hal ini, dalam konteks arab kala itu, merupakan salah satu barang berharga dimana sumber utama makanan mereka berasal dari ternak yang mereka gembala.

Dalam konteks sekarang, pemberian yang terbaik tidak harus persis seperti hadis di atas melainkan sesuai dengan kebutuhan dan barang terbaik yang dimilikinya.

Jumat, 26 Rabiul Awal 1439 H/15 Desember 2017 M

​[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-sunnah]​