Kajian Islam (Kalam Ulama). Nasehat Pernikahan #5: Lelaki, Jangan Cemburuan !

Cemburu merupakan respon pasangan akibat suatu hal yang terjadi pada pasangannya dengan orang lain. Sikap ini adalah suatu kewajaran, namun berbahaya apabila bersikap berlebihan. Oleh karena itu, salah satu adab/tata cara bergaul dengan istri yaitu bersikap i’tidal dalam hal cemburu.

I’tidal yang dimaksud sebagai berikut: (1) Tidak melupakan dasar-dasar (mabadi’) segala sesuatu  yang dikhawatirkan rusak. Artinya kekhawatiran rusak itu sudah menjadi milik segala sesuatu. Dan (2) Tidak pula berlebihan dalam berperasangka buruk, dalam berkeras kepala, dan dalam memata-matai hal-hal batin. Hal-hal yang besifat batin sudah bukan menjadi urusan kita, karena kita diperintahkan untuk menghukumi hal-hal yang bersifat lahiriyah.

(Baca Juga : Nasehat Pernikahan #4: Suami adalah Pengontrol Istri)

Berita yang telah masyhur di telinga kita bahwa perempuan itu seperti tulang rusuk, apabila kamu memaksa meluruskannya, maka kamu berarti memecahnya. Maka bairkanlah tulang rusukmu dan bersenang-senanglah dengannya kebengkokannya. Seperti sabda Rasulullah SAW:

وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا فَإِنَّهُنَّ خُلِقْنَ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

“Pergauilah perempuan dengan baik, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk. Dan sesungguhnya sesuatu tulang rusuk yang paling bengkok adalah paling atas. Apabila kamu menegakkannya maka kamu memecahnya. Apabila kamu meninggalkannya, maka ia tetap akan bengkok. Maka pergaulilah perempuan dengan baik. (HR. Bukhori).

Oleh : Hamzah Alfarisi