Berita Islam (Kalam Ulama). Acara Istighosah Akbar  NU Ogan Ilir, Ahad (26/11/2017) di Gedung Serba Guna Pemerintah Kota Ogan Ilir Suamtera Selatan, berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Sekertaris PCNU Ogan Ilir yang juga sebagai Ketua Panitia  acara, Ky. Zainal Abidin, memaparkan acara ini dimulai pukul 10.00 WIB.

Selama satu jam, acara akan dimulai dengan tampilan kesenian hadrah dari Pondok Pesantren (PP) Syafa’atut Thulab Asuhan Ky. Khusairy Abror. Kemudian dilakukan pembukaan acara dipandu oleh pembawa acara Ustadz Ali Akbar yang langsung dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan sholawat Syi’iran NU oleh Qurotul Aini salah satu Mahasiswi Universitas Sriwijaya. Kemudian, seluruh jamaah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan disambung dengan lagu Syubbanul Wathon yang dipandu oleh Paduan Suara Muslimat NU Ogan Ilir. (Baca juga : KH. R. As’ad Syamsul Arifin telah dianugrahi gelar Pahlawan Nasional)

Selesai menyanyikan lagu-lagu tersebut, KH. Ahmad Nahrowi selaku Ketua PCNU Ogan Ilir akan menyampaikan laporannya. Dilanjutkan dengan pembacaan maklumat dan acara inti Istighosat oleh Ky.Khusairy Abror. Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dilakukan tiga kiai, yaitu KH Ahmad Nahrowi, KH Tol’at Wafa Ahmad dan Abah Kiai Khusairy Abror. Bahkan saat Istighosah ini berlangsung banyak jama’ah menagis terharu.

Dalam Istighosah tersebut, Ky Khusari Abror sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Syafa’atut Thulab Bakung Indralaya Utara Mengatakan Sebagai Umat Muslim kita harus yakin bahwa maslah yang kita hadapi akan berakhir. Ia Juga mengigatkan warga Nahdliyin agar menjaga Kesatuan dan Persatuan NKRI. (JY/Tim KU)