Kumpulan Doa dan Dzikir (Kalam Ulama). Doa Minta Hujan yang Mendatangkan Kebaikan :

Hujan adalah nikmat dan anugerah dari Allah yang dengannya Dia memberikan keutamaan kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hambaNya.

ﺟﺎء ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻘﺎﻝ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ اﺳﺘﺴﻖ اﻟﻠﻪ ﻓﺮﻓﻊ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺪﻳﻪ ﻓﻘﺎﻝ: «اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ»

Seseorang datang kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam dan minta didoakan hujan kepada Allah. Maka Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengangkat kedua tangannya dan berdoa: “Ya Allah, berilah hujan kepada kami, hujan yang berdampak baik, hujan yang bertambah, hujan yang menyerap ke dalam tanah nan luas, hujan yang rintik-rintik, dan hujan yang tidak menjadi petaka” (HR Ibnu Majah, sanadnya sahih). (Baca Juga Dzikir Setelah Sholat Fardhu Subuh dan Maghrib)

Doa Ketika Hujan Tak Kunjung Berhenti

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari “

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan”