Kajian Islam (Kalam Ulama). Penyakit ‘ain adalah penyakit yang timbul karena memandang orang lain. Jika seseorang memandang dengan kebencian maka akan timbul penyakit yang menyerang orang yang dipandangi. Tak ada obatnya kecuali mandi dengan air wudlu orang yang memandang atau orang yang memang tersebut wafat. Hadits Imam Muslim nomor 2188:

و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ وَحَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ وَأَحْمَدُ بْنُ خِرَاشٍ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَيْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ وَإِذَا اسْتُغْسِلْتُمْ فَاغْسِلُوا

Dan telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abdur Rahman Ad Darimi dan Hajjaj bin Asy Sya’ir serta Ahmad bin Khirasy. Berkata ‘Abdullah; Telah mengabarkan kepada kami. Dan yang lainnya berkata; Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari Ibnu Thawus dari Bapaknya dari Ibnu ‘Abbas dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Penyakit’ ain benar adanya. Seandainya ada yang dapat mendahului qadar, tentulah itu adalah penyakit ‘ain. Karena itu apabila kamu disuruh mandi, maka mandilah!

Baca juga : Belajar Sunnah Nabi dari Imam Sayfuddin Al-Amidi

Bogor, Rabiul Anwar 1439
Oleh : Ustadz Adhli Alqarni